a. Table digunakan
untuk menyimpan data
b. Query digunakan
untuk memanipulasi data
c. Form digunakan untuk
frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll.
d. Report digunakan
untuk membuat laporan
e. Macro digunakan untuk
melakukan satu atau beberapa fungsi.
f. Switchboard digunakan
untuk membuat menu utama
Table
Apa
itu Table?
Table adalah tempat untuk menyimpan
data. Contohnya data barang disimpan di table barang
Kenapa
kita harus buat table ?
Karena kalau kita tidak buat table kita
tidak dapat menyimpan data, Jika tidak ada data yang disimpan data tidak dapat
diproses.
Langkah
membuat Table
1. Pada jendela database klik Table.
2. klik dua kali create table in design
view
3. pada jendela table ketikan
field-field table beserta tipe datanya.
4. Pilih File �� Save.
5. tutup table untuk membuat table-table
lainnya.
Query
Apa itu Query ?
Query adalah ‘permintaan data’ kita
berupa bahasa bisnis, untuk mengolah data dalam tabel(-tabel) menjadi satu
informasi yang bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan
terbesar oleh customer yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja,
atau pada dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.
Manfaat
Query :
Dengan Query kita dapat :
a. Menampilkan data-data tertentu pada
suatu table, contohnya kita hanya ingin melihat data pada table barang yang
kode barangnya “B001”
b. Menampilkan data dari dua table atau
lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita
ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa
pemiliknya. Di sini kita mengambil data dari table Header Penjualan dan Table
Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK.
c. Dapat melakukan operasi perhitungan.
Itulah tiga fungsi utama query.
Query biasanya digunakan sebagai sumber
data untuk Report.dan Form.
Form
Apa
itu Form ?
Form digunakan untuk merepresentasikan
ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam
bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows. form dalam access
bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika
bekerja dalam transaksi master-detail.
Report
Apa
itu Report ?
Report, seperti halnya form, digunakan
untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak
di lembaran kertas.
Mengapa kita perlu
membuat Report ?.
Jika Atasan Anda meminta laporan
penjualan kepada anda, tentunya anda akan segera menyiapkannya anda bisa
mencetak table penjualan sebagai laporan tetapi hasil cetakannya tidak seperti
laporan yang diinginkan. Cara yang terbaik adalah dengan membuat Laporan
Penjualan tersebut dengan menggunakan Report. Dengan Report kapanpun Laporan
dibutuhkan maka dengancepat kita dapat menyediakannya.
Bagaiamana Cara
Membuatnya ?
Report dapat dibuat dengan dua cara
yaitu maual dan wizards. Pada tutorial terdapat beberapa contoh pembutan
report., anda tinggal mengikuti langkah-langkah pembuatannya.
Pembuatan Report
Report Struk Penjualan
digunakan untuk mencetak struk
barang-barang yang dibeli karyawan.
1. Sebelum
kita buat reportnya terlebih dulu kita buat sumberdata untuk report ini. Sumber
data sebuah report bisa dari table atau dari Query. Untuk keperluan ini kita
akan membuat Query Struk, Berikut Design untuk Query Struk, Simpan dengan namaqry_Struk
2. Pada
Jendela Database klik Report. Klik New, muncul jendela Report Wizard
Klik dua kali No_Fak untuk menghasilkan gambar, Klik Finish, akan tampil design report struk
SwitchBoard
Apa
Itu SwitchBoard ?
Semua Form dan Report telah selesai,
sekarang kita buat Menu Utamanya. Pada Access kita dapat membuat menu utama
dengan memakai SwitchBoard. Caranya :
– Pada menu bar Pilih Tools �� Database Utilities �� Switchboard Manager
– Akan muncul message box switchboard
klik Yes
– Pada Jendela Switchboard Manager klik Edit lalu klik New
Tidak ada komentar:
Posting Komentar